//
you're reading...
pendidikan

Antasida


pada postingan kali ini saya membahas tentang pengertian antasida.

Pengertian: Maag berasal dari bahasa belanda yang artinya lambung. Tukak lambung atau sakit maag (gastritis) adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung dan menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Asam dalam kondisi normal diperlukan untuk membantu pencernaan, namun produksinya dapat lebih besar dari kebutuhan bila pola hidup tidak sehat, misalnya:

  • stres yang berlebihan
  • makan tidak teratur atau terlalu cepat
  • merokok dan banyak minum kopi atau alkohol
  • mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan berminyak
  • mengkonsumsi obat-obatan seperti asetosal, obat AINS (piroksikam) serta suplemen kalium

saf

Gangguan keasaman lambung dapat pula disebabkan oleh organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori yang terdapat di pintu pylorik (pintu yang memisahkan lambung dengan usus halus). bakteri ini mempunyai sifat luar biasa, dimana jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, tetapi Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak. Bakteri ini mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus), sehingga penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati.

Antasida (anti = lawan, acidus = asam) adalah basa-basa lemah yang digunakan untuk menetralisir kelebihan asam lambung yang menyebabkan tukak lambung atau sakit maag,dengan gejala nyeri hebat yang berkala, penderita merasa sakit dan tidak nyaman di bagian perut, perut kembung, sering sendawa, mual, muntah, merasa penuh (sebah) atau merasa panas seperti terbakar pada perut bagian atas.

Tujuan pengobatan adalah menghilangkan gejala, mempercepat penyembuhan, dan mencegah komplikasi kebih lanjut. Sedangkan untuk swamedikasi atau pengobatan sendiri hanya bersifat menghilangkan gejala penyakit. Bila sudah minum obat dan gejala tersebut tidak hilang lebih dari tujuh hari, penderita disarankan untuk menemui dokter.

 sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

About setio27

Saya termasuk dalam manusia yang susah mengingat. Oleh sebab itu blog ini tercipta. kurang lebihnya saya mohon bantuan sebesar besarnya. saya hanya newbi yang mencoba untuk belajar, belajar, dan belajar. Terima kasih telah membaca gays.. :D

Diskusi

Belum ada komentar.

Orang Baik Pasti Mau Kasih Komentar (^_^)